Bau Kaki Tidak Sedap

Bau Kaki Tidak Sedap – Kaki yang sehat adalah kaki yang bersih, mulus dan bercahaya, tidak kering, pecah-pecah apalagi baud an berjamur. Namun karena sering diabaikan, berbagai masalah  dapat timbul pada kaki kita salah satunya adallah masalah bau kaki tidak sedap.  Bau kaki yang tidak sedap berawal dari keringat yang bercampur dengan bakteri sehingga menjadi bau.

Bau Kaki Tidak Sedap

Bau Kaki Tidak Sedap

PENYEBAB BAU KAKI

Salah satu penyebab utama bau kaki  tidak sedap adalah karena pemakaian bahan penutup kaki atau sepatu yang salah. Sepatu dari bahan plastic atau bahan sintetik sulit menyerap  keringat sehingga tidak lembab.  Untuk mengurangi bau kaki, ketka mandi jangan lupa membersihkan bagian sela-sela kaki dan keringkan sampai benar-benar kering. Pakailah sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit atau kain karena memungkinkan kaki bernapas. Gunakan juga kaos kaki berbahan katun yang dapat membantu kaki tetap kering. Hindari memakai sepatu yang sama dalam dua haru berturut-turut dang anti kaos kaki minimal dua hari sekali. Bila perlu digunakan bedak atau spray pengusir bau kaki.

Istilah untuk bau kaki tidak sedap adalah bromohidrosis. Hiperhidrosis mengacu pada kaki berkeringat. Bau kaki terutama  disebabkan oleh keringat. Sama seperti diketiak, keringat kaki sebanrnya tidak berbau ketika keluar, tetapi bakteri dipermukaan kaki mengolah keringat dan dimulailah bau. Bau ini semakin menjadi masalah dibawah sana, karena sepatu dan kaus kaki menciptakan lingkungan yang gelap dan lembab yang memungkinkan bakteri berkembang dengan subur.

Dua jalan keluar untuk masalah bau kaki tidak sedap  adalah menjaga kebersihan kaki dan menjaganya agar tetap kering. Di rumah sakit, ketiak perawat pasien yang kurang menjaga kebersihannya , dokter dan perawat yang sudah berpengalaman dibagiannya mengetahui bahwa bau kaki akan lebih parah ketika kaus kaki dibuka.  Setelah seharian beraktivitas biaanya kaki akan mengeluarkan bau yangb tidak sedap karena kaki lembab  dan berkeringat. Untuk menghilangkan bau tersebut sangat mudah siapkan air hangat sebanyak satu ember, campur dengan lima sendok makan serbuk the. Rendam kaki selama kurang lebih 1-5 menit. Bilas kaki dengan air sampai bersih ulangi hingga bau kaki hilang.

Sebenarnya kaki tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Dan hal ini sama juga pada keringat, keringat yang ada pada kaki atau pada tubuh tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap. Pada kasus bau badan dan bau ketiak juga sama. Yang membuat bau menjadi kurang sedap adalah jika keringat yang keluar tadi bercampur dengan bakteri yang menempel di kaki dan pada akhirnya menimbulkan bau menyengat. Hal ini bukanlah suatu masalah yang berat, karena Anda bisa mengatasinya sendiri dirumah. Terdapat banyak cara menghilangkan bau kaki yang bisa anda lakukan secara alami dan sederhana.

CARA MENGHILANGKAN BAU KAKI

Cara menghilangkan bau kaki secara alami adalah :

  1. Rendamlah kaki Anda dengan menggunakan air teh. Siapkanlah sekitar satu setengah ember air hangat kuku, dan setelah itu masukkanlah teh yang sudah dikeluarkan dari dalam kantungnya. Lakukanlah hal ini dengan rutin maka bau kaki akan hilang.
  2. Sebaiknnya gantilah kaus kaki Anda setiap hari
  3. Jemurlah sepatu Anda setelah melakukan aktivitas selama seharian untuk membunuh bakteri penyebab bau kaki dan membantu menghilangkan kelembapan akibat keringat.
  4. Bersihkanlah kaki Anda dengan teratur dan dilakukan dengan rajin. Hal ini dilakukan untuk membantu mengurangi jumlah bakteri yang menempel pada kaki Anda.

Menjaga kebersihan kaki dengan cara memotong kuku. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa walaupun kuku sudah bersih namun dibawah kuku yang panjang ada banyak bakteri yang akan berkembang biak dengan cepat. Jika keadaan lingkungan semakin mendukung, maka pertumbuhan dari bakteri tersebut akan menjadi semakin cepat. Oleh sebab itulah, potonglah kuku kaki untuk membantu mengurangi tempat dimana kuman bisa berkembang biak.

Jika Anda mengalami masalah bau kaki, maka cara menghilangkan bau kaki kurang sedap juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan deodorizer ke dalam sepatu. Hal ini sangat membantu untuk meminimalisir bau kaki. Atau Anda bisa mencuci sepatu Anda dengan menggunakan air panas yang bertujuan untuk membantu membunuh bakteri yang ada di dalamnya. Anda bisa memasukkan satu sachet masing-masing ke bagian sepatu, satu sachet lavender atau juga kepingan kayu cedar ke dalam sepatu Anda hal ini bertujuan untuk membuat aromanya tercium lebih wangi dan harum.

Salah satu penyebab dari masalah bau badan, bau ketiak, dan bau kaki adalah karena produksi keringat yang berlebihan. Mengendalikan produksi keringat dengan cara mandi 2 kali dalam sehari. Anda bisa mandi atau merendam kaki Anda ke dalam teh hitam yang mengandung kandungan tanin yang bermanfaat untuk menutup pori-pori pada kaki. Tambahkanlah air seduhan teh hitam ke dalam baskom, kemudian rendam selama 20 menit, dan lakukanlah selama seminggu berturut-turut.

Bau Kaki Tidak Sedap


=====================================

>>> Obat Bau Badan, 100% Alami dan Efektif Menghilangkan Bau Badan, Bau Keringat, Bau Ketiak & Bau Kaki Pada Pria dan Wanita, klik Detail Disini!

=====================================


This entry was posted in Bau Kaki and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *